Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2021): EQUALS

Motivasi Belajar: Dampak Komik Matematika Bernuansa Islami Berbantuan Instagram

Amiruddin Amiruddin (Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung)
Nanang Supriadi (UIN Raden Intan Lampung)
Suherman Suherman (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Motivasi belajar dari peserta didik sangat berguna didalam proses pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi internet yaitu menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa komik matematika yang layak, menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model penelitian Borg dan Gall yang telah diperbarui oleh Sugiyono. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII SMP Sentosa Bhakti Baturaja yang sedang menerima materi aritmatika sosial. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk komik matematika bernuasa islami berbantuan Instagram layak dan menarik serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...