Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika
Vol 2 No 2 (2020): Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika (SJPIF)

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa

Petri Reni Sasmita (Program Studi Pendidikan Fisika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sungai Penuh, Kerinci Jambi, Indonesia)
Zainal Hartoyo (Program Studi Pendidikan Fisika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sungai Penuh, Kerinci Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM Project-Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen awal dengan desain one-group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampling menggunakan metode sampling kelompok (cluster sampling). Pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep fisika siswa. Hasil perhitungan effect size menunjukkan bahwa pendekatan STEM Project-Based Learning berpengaruh besar terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan STEM Project-Based Learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SJPIF

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The coverage of the journal includes but not limited to : Fisika (Physics) Pendidikan Fisika (Physics Education) Fisika Komputasi (Computational Physics) Fisika Eksperimen Fisika Teori Astronomi ...