ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics
Vol 2 No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2, Agustus 2020

Rancangan Arsitektur Enterprise Resource Planning (ERP) Sekolah Berdasarkan Capability Maturity Model (CMM)

Mohammad Malik Fajar (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Muhamad Roni Kurniawan (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Muhammad Ilman Nurhadi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Muhammad Ainul Yaqin (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Sekolah adalah suatu lembaga pendidikan yang dirancang secara khusus untuk mendidik siswa dalam pengawasan para guru. Setiap sekolah memerlukan suatu sistem yang bisa membuat proses-proses di dalamnya menjadi saling terintegrasi dengan baik. Sistem tersebut adalah sistem yang mengacu pada konsep Enterprise Resource Planning (ERP). ERP ini adalah sebuah sistem informasi yang bisa menghubungkan proses-proses yang ada di sekolah. Namun proses-proses yang ada di sekolah memiliki tingkat kematangan. Dalam pengukuran tingkat kematangan ini lah digunakannya Capability Maturity Model (CMM). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode FAST. Metode FAST yang digunakan ini terdiri dari scope definition, problem analysis, requirements analysis, dan logical design. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah rancangan arsitektur ERP sekolah dengan penjelasan masing-masing fitur pada sistem informasinya berdasarkan CMM. Sehingga diharapkan rancangan tersebut bisa diimplementasikan di sekolah dan meningkatkan kualitas dari sekolah tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ilkomnika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

ILKOMNIKA: Journal of Computer and Applied Informatics is is a peer reviewed open-access journal. The journal invites scientists and engineers throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented topics of computer science and applied informatics which covers five (5) ...