KARST : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Vol 4 No 1 (2021): Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya

HUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA

Nur Arifah (Universitas PGRI Semarang)
Fitriani Kadir (Universitas Muslim Maros)
Harto Nuroso (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Hubungan Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 10 artikel pada jurnal nasional dan instrument yang digunakan adalah Human Instrument. Hasil dari penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika. Dari hubungan tersebut maka model pembelajaran problem based learning (PBL) memberikan pengaruh tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

karts

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

Jurnal Karst merupakan media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ...