Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak
Vol 2, No 2 (2020): Desember

INOVASI DOKTRIN AJARAN ISLAM DI MASA PANDEMI UNTUK GENERASI DIGITAL NATIVE

Muqarramah Sulaiman Kurdi (UIN Antasari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Bagaimana mengajarkan agama Islam bagi anak-anak dewasa ini menjadi tantangan tersendiri, khususnya untuk generasi digital native usia konkret operasioanl, yang artinya harus ada inovasi dalam cara doktrin agama Islam. Selain itu di masa sekarang ini dunia global telah mengalami masa sulit karena dampak Virus Corona yang mengharusnya anak-anak belajar di rumah maupun blended learning. Penelitian ini berbentuk penelitian kepustakaan dengan metode dokumentasi yang koheren. Teknik analisis berupa induktif dengan penekanan pada meaning of creativity .Tujuan kajian ini adalah menggambarkan bagian alternatif inovasi  metodologi doktrin untuk anak-anak, terkait bagaimana mengajarkan agama Islam dengan tidak mengenyampingkan esensi mereka sebagai generasi digital native dan tantangan di masa pandemi. Berdasarkan hasil penelitian, sarana platform digital dan daring seperti e-learning, webinar, media sosial, aplikasi audio-visual, blogging, e-book, smartbook dan aplikasi game mampu mengakomodir pengajaran agama bagi generasi digital native . Platform-platform tersebut memunculkan ranah domain kognitif, afektif dan psikomotorik dalam doktrin Aqidah, Akhlak, Fiqh, Sejarah Islam, Alquran, Hadits, Bahasa Arab, dan maupun pengetahuan agama Islam lainnya.  Selain memperhatikan pengamalan beragama dalam sosio religius-kultur demografinya, inovasi cara doktrin tersebut juga harus memperhatikan tiga perspektif, yakni perspektif teknis, perspektif literasi kritis, dan perspektif literasi sosial-emosional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

hawa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Hawa is a scientific journal within the scope of gender and child studies with various applications of approaches, namely: psychology, education, law, sociology, literature, anthropology, and Islamic studies. It is a half-yearly published, exactly every June and December by Gender and Child Studies ...