Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak
Vol 2, No 2 (2020): Desember

Self-monitoring Techniques: Perbedaan Peningkatan Achievement Motivation Siswa SMA Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender)

Prio Utomo (IAIN Bengkulu)
Zubaidah Zubaidah (IAIN Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah pencapaian prestasi akademik siswa rendah, data awal pra-penelitian diperoleh temuan bahwa masalah pencapaian prestasi akademik siswa rendah disebabkan oleh achievement motivation siswa rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan peningkatan achievement motivation siswa berdasarkan jenis kelamin (gender) setelah diberi teknik self-monitoring. Rancangan penelitian menggunakan experimental research dengan grup prestest and posttest design. Subjek penelitian siswa kelas XI SMA 03 Kota Bengkulu berjumlah 10 siswa terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Instrumen penelitian menggunakan skala achievement motivation  dan pedoman perlakuan. Analisis data menggunakan analisis statistik nonparametrik dengan Wilcoxom Signed Rank Test. Pengujian hipotesis menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini berarti tidak terdapat perbedaan peningkatan achievement motivation siswa berdasarkan jenis kelamin (gender) setelah diberi teknik self-monitoring. Nilai rata-rata peningkatan siswa perempuan sebelum (pretest) sebesar 1,922 dan sesudah (posttest) sebesar 3,184. Sedangkan nilai rata-rata peningkatan siswa laki-laki sebelum (pretest) sebesar 1,931, dan sesudah (posttest) sebesar 3,086. Simpulan hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan peningkatan achievement motivation siswa laki-laki dan perempuan setelah diberi teknik self-monitoring dan peran jenis kelamin (gender) tidak memberikan pengaruh terhadap peningkatan achievement motivation siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

hawa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Hawa is a scientific journal within the scope of gender and child studies with various applications of approaches, namely: psychology, education, law, sociology, literature, anthropology, and Islamic studies. It is a half-yearly published, exactly every June and December by Gender and Child Studies ...