Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan memberikan pelatihan penggunaan media pembelajaran Edmodo dan Google classroom dalam pelaksanaan proses pembelajaran matematika. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis dilihat dari bagaimana ketercapaian pelaksanaan pembelajaran dari pendidik sedangkan peserta didik dilihat dari bagaimana respon dan angket yang sudah dibagikan. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kemampuan pendidik dalam penggunaan media pembelajaran jejaring sosial dengan aplikasi Edmodo dan Google Classroom berbasis web dan berbasis mobile. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah praktikum yang dilakukan secara langsung dengan menggunakan protokol covid-19 dan penyebaran angket serta data proses hasil kuisioner dalam penelitian ini berupa keterlaksanaan dan pemahaman peserta diukur dengan menggunakan lembar observasi berbentuk check-list menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Edmodo dan Google classroom dalam proses pembelajaran kategori baik. Respon peserta didik dapat dikatakan sangat baik dengan persentase 90%. Dengan kata lain, Hampir seluruh pendidik dan peserta didik setuju mengatakan bahwa Edmodo dan Google classroom adalah media pembelajaran online yang cocok diterapkan dan sangat membantu dalam proses pembelajaran matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020