Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning itu dapat digunakan untuk masalah motivasi siswa dalam belajar matematika, motivasi jenis apa yang berhasil diberikan oleh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan bagaimana Model Pembelajaran Problem Based Learning itu dapat membuat siswa memiliki motivasi dalam belajar matematika. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kepustakaan, dengan melakukan kajian secara kepustakaan melalui buku-buku berbahasa Indonesia. Untuk menjaga kualitas bahan yang dikaji, maka digunakan buku-buku berbahasa Indonesia yang sering dijadikan rujukan dan ditulis oleh Ahli (misalnya guru besar) yang terbukti berdasarkan kegiatan pelacakkan yang dilakukan diberbagai jurnal, buku maupun dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahap, yaitu: organize, synthesize dan identify. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning itu dapat digunakan untuk masalah motivasi siswa dalam belajar matematika, Motivasi Instrinsik adalah jenis motivasi yang diberikan oleh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Problem Based Learning itu dapat membuat siswa memiliki motivasi dalam Belajar Matematika karena langsung dikaitkan dengan dunia nyata, sehingga siswa merasa matematika itu sangat berguna dan motivasi itu akan muncul. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Motivasi Belajar Matematika, Studi Literatur
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021