Jurnas Nasional Teknologi dan Sistem Informasi
Vol 5, No 3 (2019): Desember 2019

Pengaruh Live-Chat dan E-WOM Terhadap Pengambilan Keputusan Transaksi Online Pada Matketplace E-Commerce

Dira Fatrina (Program Magister Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia)
Insannul Kamil (Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia)
Alizar Hasan (Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2020

Abstract

Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk memutuskan membeli sebuah barang secara online adalah merupakan hal yang sangat krusial bagi pelaku usaha untuk mampu memenangkan persaingan antar pelaku usaha di situs e-commerce. Pada artikel ini, pengaruh live chat terhadap keputusan pembelian dipelajari dengan menggunakan perilaku penjual dan E-WOM dengan kelompok rujukan sebagai variabel mediasi. Teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) digunakan untuk mengolah data. Hasil studi menunjukkan bahwa live chat yang diharapkan mampu menjadi penghubung antar penjual dan pembeli ternyata belum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, tetapi review dari pembeli sebelumnya dengan memanfaatkan rekomendasi dari kelompok rujukan (selebriti) sebagai variabel mediasi dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian calon pembeli.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

teknosi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian (research article), artikel telaah/studi literatur (review article/literature review), laporan kasus (case report) dan artikel konsep atau kebijakan (concept/policy article), di semua bidang : Geographical Information System, Enterpise Application, Bussiness ...