Pendidikan pada anak tidak hanya belajar dari buku saja, dengan berkembangnya teknologi pendidikan bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan teknologi seperti komputer, smartphone atau gadget. Penggunaan aplikasi Augmented reality bisa dijadikan contoh dalam pembelajaran pada anak usia dini dengan memperkenalkan hewan darat secara 3D. Penelitian ini bertujuan memberikan edukasi khususnya pada anak mengenai pengenalan dari hewan-hewan darat dengan memanfaatkan teknologi augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode marker-based tracking dan algoritma fast corner detection. Hasil dari penelitian menghasilkan sebuah aplikasi yang didalamnya berisi pengenalan hewan darat yang terdiri dari hewan anjing, kuda, kanguru, kucing, serigala, gajah, rusa, unta, jerapah, dan sapi. Informasi singkat mengenai masing-masing hewan, yang dirancang semenarik mungkin untuk anak-anak. Aplikasi dapat berjalan pada sistem operasi android.Kata Kunci:Augmented reality, Objek 3D, Marker Based, Fast corner detection.
Copyrights © 2021