INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian
Vol 5 No 1 (2021): JULI

BIMBINGAN TEKNIS MERANCANG PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DARING DI MASA NORMAL BARU PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR

Rini, Tika Puspita Widya (Unknown)
Sari, Dessy Dwitalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Munculnya wabah covid-19 menjadi suatu transformasi besar bagi dunia khususnya bagi dunia pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran yang tidak lagi dilakukan dengan teknik tatap muka tetapi secara daring, sehingga menuntut guru agar memiliki keterampilan dalam bidang teknologi. Oleh sebab itu, diperlukan adanya kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru yang dapat dibagikan ke seluruh siswa melalui “Bimbingan Teknis Merancang Pembelajaran Interaktif Berbasis Daring di Masa Normal Baru Pada Guru-Guru Sekolah Dasar”. Metode pendekatan yang digunakan adalah luring dan daring, dimana metode luring dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek langsung. Sedangkan metode dalam jaringan dilakukan dengann menggunakan aplikasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan bimbingan teknis adalah tingginya antusian, tingkat keaktifan dan kerjasama antaranggota kelompok. Selain itu, hasil pretest dan posttest menunjukkan terdapat kenaikan dari rerata pretest sebesar 50,4 menjadi 82 dalam posttest. Simpulan dari hasil kegiatan ini menunjukkan keberhasilan akan kegiatan bimbingan teknis, dan perlu adanya kegiatan serupa untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru khususnya dalam merancang pembelajaran interaktif berbasis daring di masa normal baru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

integritas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

INTEGRITAS Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan oleh P3M UNARS untuk publikasi tulisan ilmiah di bidang pengabdian masyarakat dari berbagai disiplin ilmu. ...