Kantin sebagai salah satu media layanan di sekolah berfungsi memenuhi penyediaan makanan, minuman, dan sebagai tempat untuk berkumpul bagi para siswa, guru, maupun karyawan di dalam lingkungan sekolah. Agar kantin bisa berkembang dengan baik, maka pengelola kantin harus bisa menerapkan strategi, inovasi, dan meningkatkan kualitas kantin. Salah satu cara untuk dapat mengukur tingkat keberhasilan usaha kantin adalah dengan melihat tingkat kepuasan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fasilitas, varian makanan, petugas, dan harga di kantin mempengaruhi tingkat kepuasan siswa SMA Negeri 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian di SMAN 3 Kota Kediri Jawa Timur dengan sampel sebanyak 100 orang responden yang diambil secara acak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan kuisioner dengan alat analisis SPSS 21. Untuk menguji keabsahan dan kehandalan kuisioner menggunakan uji validitas dan realibilitas. Sedangkan pengujian variabel menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dimana diperoleh persamaan regresi Y = –1,051 + 0,211X1 + 0,426X2 + 0,444X3 + 0,329X4. Dari penelitian ini ditemukan (1). secara simultan variabel fasilitas (X1), variabel varian makanan (X2), variabel petugas (X3) dan variabel harga (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan siswa (Y) SMA Negeri 3 Kediri. (2) Hasil analisis regresi berganda terbukti bahwa secara parsial variabel fasilitas (X1), variabel varian makanan (X2), variabel petugas (X3) dan variabel harga (X4) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan siswa SMA Negeri 3 Kediri.(3) variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan siswa di kantin SMA Negeri 3 Kediri adalah variabel petugas.
Copyrights © 2020