Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2020 - Mei 2021

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Ikha Yuliati (IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Perkembangan jaman menuntut manusia untuk mampu memikirkan segala pemecahan permasalahan yang juga berkembang. Kemampuan dalam menghadapi permasalahan bisa dilatih sejak usia dini dengan belajar matematika di sekolah. Faktanya, kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di Indonesia masih dalam kategori rendah. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh minimnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa indikator motivasi belajar yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah. Dengan menggunakan metode deskriptif dan menggunakan data yang diperoleh dari angket dan tes, penelitian dilakukan di MTs Mathlaul Anwar dan MTs Darul Hikmah Kota Tangerang Selatan. Kemudian data dianalisa dengan analisis interaktif sehingga ditemukan hasil bahwa kemapuan pemecahan masalah peserta didik berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah tertinggi ditunjukkan pada indikator adanya penghargaan dalam belajar sebesar 74%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...