INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Vol 12 No 2 (2020): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)

Penerapan Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Pembelajaran Huruf Kaganga Sunda Dengan Metode Marker Tracking

Irwin Supriadi (Universitas Langlangbuana)
Amras Mauluddin (Universitas Langlangbuana)
Arif Nur Imam (Sekolah Tinggi Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Pandemi Covid-19 ini semua kegiatan manusia telah mulai berubah, smartphone menjadi sebuah alat yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari manusia terutama dalam kegiatan transaksi ekonomi. Tidak terlepas juga dalam dunia pendidikan, model pembelajaran tatap muka secara langsung tergantikan dengan model pembelajaran secara daring (dalam jaringan) memanfaatkan smartphone dan internet. Kendala yang dihadapi adalah beberapa mata pelajaran yang diberikan oleh guru kurang dipahami oleh siswa karena hanya berupa teks atau gambar. Selain itu, dengan cara belajar membaca teks kurang menarik bagi siswa dan menyebabkan siswa menjadi bosan atau jenuh. Augmented reality adalah salah satu perkembangan teknologi dalam bidang perangkat lunak. Augmented Reality banyak digunakan dalam industri game, pendidikan, maupun kedokteran dikarenakan dapat memodelkan suatu objek dalam bentuk 3 Dimensi yang menyerupai objek sebenarnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkombinasikan teknologi augmented reality dalam bidang pendidikan untuk mengurangi kejenuhan siswa dalam pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk menyusun laporan ini adalah metode kualitatif dimana pada metode ini penelitian dilakukan secara sistematis, spesifik, terstruktur dan juga terencana dengan baik dari awal hingga mendapatkan sebuah kesimpulan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Rappid Application Develepoment (RAD). Rapid Application Development (RAD) merupakan metodologi yang lengkap, dengan 4 fase siklus hidup yang sejajar dengan fase SDLC tradisional Pembelajaran huruf kaganga sunda dibuat dalam bentuk animasi 3 dimensi yang mengajarkan cara penulisan aksara sunda, sehingga dapat menarik bagi siswa SD. Aplikasi ini juga menggunakan teknologi augmented reality dalam aplikasi android, sehingga siswa SD dapat belajar sambil bermain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

INFORMASI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) terbit pertama kali pada tahun 2009. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian di bidang teknik informatika, manajemen informatika dan sistem informasi. Jurnal ...