Chemistry Education Practice
Vol. 4 No. 2 (2021): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan dalam rangka ulang tahun CEP yang ke 4

Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Multi Representasi untuk Melatih Literasi Kimia Mahasiswa pada Materi Termokimia

Ika Farida Yuliana (Universitas Billfath)
Nikmatin Sholichah (Universitas Billfath)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas modul matakuliah Kimia Fisika 1 materi termokimia untuk melatih literasi kimia mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Pembuatan modul ini disesuaikan dengan pendekatan intertekstual berbasis multi representasi. Objek dalam penelitian ini adalah modul berbasis multi representasi pada materi termokimia untuk melatih kemampuan literasi mahassiwa. Pengumpulan data dilakukan dengan  metode kuisioner menggunakan rating scale untuk skala kelayakan. Skala kelayakan terdiri dari lima aspek, yaitu aspek self instruction, aspek self contained, aspek stand alone, aspek adaptive, dan aspek user friendly. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil skor rata-rata validitas isi sebesar 4.79 dengan kulaifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pada materi termokimia berbasis multi representasi memiliki kualifikasi sangat baik dan bisa digunakan untuk pembelajaran dalam kelas. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...