Chemistry Education Practice
Vol. 3 No. 2 (2020): November

Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam Berbasis Generik Sains: Isolasi Fenobarbiton dari Kulit Batang Pohon Api-api (Avicennia marina)

Siti Rabiatul Adawiyah (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram)
Aliefman Hakim (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram)
Saprizal Hadisaputra (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D). Adapun yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi fenobarbiton dari kulit batang pohon api-api (Avicennia marina) dengan menggunakan model 4D (define, design, development, dan dissemination). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul praktikum, tingkat kelayakan dan kepraktisan dari modul praktikum yang dikembangkan. Populasi penelitian diambil dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram angkatan 2016 berjumlah 67 orang yang sudah mengambil mata kuliah kimia bahan alam, sedangkan sampel yang dipilih sebanyak 18 orang dari populasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken diperoleh nilai V = 0,7 dengan kategori valid dan layak untuk digunakan. Sementara itu, praktikalitas semua komponen modul diperoleh nilai rata-rata respon mahasiswa sebesar 85% dengan kategori sangat praktis dan untuk respon dosen sebesar 78% dengan kategori praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi fenobarbiton dari kulit batang pohon api-api (Avicennia marina) yang sudah dikembangkan menggunkan model 4D telah terlaksana bersifat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...