Chemistry Education Practice
Vol. 3 No. 2 (2020): November

Pengembangan Modul Praktikum Generik Sains Kimia Bahan Alam: Isolasi Asam Anakardat dari Kulit Biji Jambu Mete

Ayu Rizki Mujiyanti (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Aliefman Hakim (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Saprizal Hadisaputra (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui: (1) langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi asam anakardat dari kulit biji jambu mete. (2) Tingkat validitas serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi asam anakardat dari kulit biji jambu mete yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (define, design, develop, and dissemination). Populasi dalam penelitian ini meliputi 80 orang mahasiswa program studi pendidikan kimia tahun akademik 2017/2018 yang sedang memprogramkan mata kuliah kimia bahan alam. Sampel penelitian yaitu tujuh mahasiswa yang diambil secara acak dan kemudian dijadikan responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan nilai validitas dari tiga orang validator yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,6 yang menunjukkan bahwa modul praktikum praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi asam anakardat dari kulit biji jambu mete telah valid dan layak digunakan. Sementara itu, kepraktisan dapat dilihat dari respon mahasiswa dan dosen yang menunjukkan respon positif dengan rata-rata kepraktisan semua komponen sebesar 81% respon mahasiswa dan 81% respon dosen. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi asam anakardat dari kulit biji jambu mete yang dikembangkan bersifat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.  Kata kunci: Pengembangan, Modul Praktikum, Kimia Bahan Alam, Asam Anakardat

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...