Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan penelitian tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kwantitatif karena jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kwantitatif. Subjek penelitian adalah siswa siswi kls VIII SMP Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara tahun ajaran 2017-2018, yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, interviu, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment, uji spilt half, dan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis yang menggunakan uji-t, diperoleh hasil yakni 3.875 > 2.021 pada taraf signifikansi 0,05, dimana t-hitung bernilai 3,875 melampaui nilai t-tabel 2,021, dengan taraf signifikansi 0,05. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa guru PAK berperan secara signifikan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Secara parsial, besarnya peran guru PAK dalam meningkatkan motivasi dan pretasi belajar siswa sebesar 25,70 % sedangkan 74,30 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain (intervenning variable). Kata Kunci : Peran guru, Pendidikan agama Kristen (PAK), Motivasi belajar, Prestasi
Copyrights © 2020