PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2021): EDISI APRIL 2021

PENERAPAN MODEL GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN BAHAN AJAR DESAIN DIDAKTIS: PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Fitri Isnaini (Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung)
Umi Hijriyah (Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung)
Rizki Wahyu Yunian Putra (Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran GI (Group Investigation) terhadap peningkatan kemampuan matematis menggunakan bahan ajar desain didiaktis. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experiment. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik acak kelas, dengan jumlah 3 kelas yaitu kelas eksperimen I, kelas eksperimen II, dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, serta tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan modul desain didaktis terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas dengan model pembelajaran Group Investigation berbantuan bahan ajar desain didaktis dan model pembelajaran Group Investigationlebih baik dibandingkan dengan perlakuan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...