Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 6, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI ILMIAH DAN ILMU PENDIDIKAN

META ANALISIS EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA SECARA DARING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO

Dhimas Eza (Indraprasta PGRI University)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

AbstrakDengan berkembangnya teknologi baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merubah seseorang dalam berkomunikasi, bersosialisasi dan belajar. Hal ini adalah sebuah tantangan untuk para guru supaya dapat menggunakan teknologi secara optimal dan dapat mempermudah interaksi dengan siswa dalam proses belajar mengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas sehingga indikator dalam ruang pembelajaran dapat tercapai. Pendidikan yang bermutu tidak terlepas dari peran guru dalam proses pembelajaran. Guru yang profesional akan menciptakan generasi masa yang akan datang sehingga memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas. Di saat pandemi Covid-19 ini kita tidak bisa bertemu bertatap muka secara langsung dikarenakan membahayakan kesehatan guru maupun siswa dan disarankan belajar melalui alat tekhnologi agar para siswa masih bisa mengikuti pembelajaran dan instruksi dari guru. Alat tekhnologi yang biasanya kita pakai adalah Aplikasi Edmodo di mana aplikasi ini mempermudah siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang sudah guru berikan. Edmodo adalah sebuah platform sosial network bagi guru dan siswa untuk berbagi ide, file, agenda kegiatan dan penugasan. Edmodo dirancang untuk menciptakan interaksi dengan guru dan siswa yang menekankan pada komunikasi yang cepat, pooling, penugasan, berbagi ide, dan banyak hal lagi. Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah pembelajaran yang menggunakan Aplikasi Edmodo (eksperimen) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan Aplikasi Edmodo (konvensional), 2) mengetahui apakah siswa yang belajar dengan menggunakan Aplikasi Edmodo bersikap positif terhadap pembelajaran. Pada penelitian kualitatif ini dengan menggunakan metode analisis. Kata Kunci : Efektifitas Belajar Siswa, Daring, dan Aplikasi Edmodo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...