Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ALJABAR DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19

Silvia Harleni (STKIP Budidaya Binjai)
Eka Espresia (STKIP Budidaya)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa pokok bahasan bentuk aljabar dalam pembelajaran daring di era covid-19 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bingai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 guru matematika dan 30 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bingai. Hasil presentase angket kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan bentuk aljabar dalam pembelajaran daring yaitu rata-rata pencapaian siswa mengenai kesulitan belajar siswa pada indikator kebiasaan belajar yaitu 33,33 %  pada kategori rendah berarti siswa tidak mengalami kesulitan belajar dan dapat menyesuaikan kebiasaan belajar dengan tuntutan dalam belajarnya. Rata-rata pencapaian siswa mengenai kesulitan belajar siswa pada indikator motivasi belajar yaitu 36,67 %  pada kategori sedang terkadang masih mengalami kesulitan belajar dan belum optimal dalam menyesuaikan motivasi belajar dengan tuntutan dalam belajarnya. Rata-rata pencapaian siswa mengenai kesulitan belajar siswa pada indikator kendala teknik yaitu 43,33 %   dan ketidakmampuan dalam pembelajaran daring yaitu 40% pada kategori tinggi berarti siswa mengalami kesulitan belajar dan tidak dapat menyesuaikan kendala teknik dan ketidakmampuan dalam pembelajaran  daring dengan tuntutan dalam belajarnya, sehingga proses kegiatan belajar tidak berkembang secara optimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...