Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol 3, No 2 (2020)

ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP

Wulan Sari, Iska Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2020

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Al-Fattah Buduran-Sidoarjo. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, yaitu metode tes kognitif, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan kognitif siswa peringkat pertama pada C1 baik, C2 sangat kurang, C3 cukup, C4 baik, C5 baik dan C6 cukup. Kemampuan kognitif peringkat dua pada C1 sangat baik, C2 baik, C3 kurang, C4 cukup, C5 baik, dan C6 sangat baik. Sedangkan pada peringkat ketiga C1 sangat baik, C2 baik, C3 sangat kurang, C4 baik, C5 baik, dan C6 cukup. Dapat disimpulkan bahwa setiap siswa dengan tingkat prestasi berbeda memiliki kemampuan kognitif yang berbeda.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...