Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 1 (2021): January-March

Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak

Izzatullaili Nadhifah (Universitas Muria Kudus)
Mohammad Kanzunnudin (Universitas Muria Kudus)
Khamdun Khamdun (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak, dengan rumusan masalah peran pola asuh orang tua terhadap anak dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan mengambil subjek orang tua dan siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orangtua menerapkan jenis pola asuh demokratis, dengan menerapkan kebiasaan disiplin belajar, mandiri, dan taat beribadah mampu memberikan peran untuk anak terutama dalam motivasi belajar. Pola asuh yang diterapkan kepada anak dan mampu membuat motivasi belajar anak sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Pola asuh demokratis juga dapat membentuk karakter berupa kedisiplinan, kemandirian, religius, dan komunikatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...