Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 3 (2021): July-September

Hubungan Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar

Dara Pangestika (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Mimin Ninawati (Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Peran orang tua pada masa pandemi ini sangat di perlukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memperlancar proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas 3. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data, serta penampilan dari hasil dan kesimpulannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Metode ini digunakan untuk mencari hubungan atau korelasi antara dua variabel atau lebih. Hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan data yang didapat dari angket. Sampel dalam penelitian berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan motivasi belajar dalam pembelajaran daring siswa kelas 3 dengan koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan. Koefesien korelasi antara X dan Y sebesar 0,446 berada pada klasifikasi cukup kuat. Adapun ketentuan uji korelasi dengan membandingkan rhitung > rtabel (0,446 > 0,349) dan p-value = 0,005 < 0,05. Dengan demikian koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...