Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Vol. 9 No. 1 (2021): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI PENGEMBANGAN DIRI MELALUI BIMBINGAN KARIR DALAM PROSES BELAJAR BAGI SISWA DI SMA NEGERI 2 SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

suhaedi (SMA Negeri 2 Selong)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan motivasi pengembangan diri siswa melalui bimbingan karir. Metode pengumpulan datanya adalah observasi melalui penerapan penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam dua siklus. Metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan hasil yang sangat memuaskan terlihat dari data siswa sudah mampu untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi cukup signifikan sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dari hasil yang didapat pada siklus II menunjukkan perubahan pada siswa ke arah yang lebih baik dan hasil ini telah menjawab tujuan penelitian sehingga penelitian ini diakhiri. Kata kunci: bimbingan karir, motivasi dan kreativitas ABSTRACT The purpose of this study was to determine the increase in creativity and motivation for student self-development through career guidance. The data collection method is observation through the application of classroom action research which is taken in two cycles. The data analysis method uses descriptive qualitative analysis. The results obtained in cycle II showed very satisfying results. It was seen from the data that students were able to increase creativity and motivation quite significantly so that they did not need to continue to the next cycle. From the results obtained in cycle II showed changes in students for the better and these results have answered the research objectives so that this study was ended. Keywords: career guidance, motivation and creativity

Copyrights © 2021