Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata

ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL X

Hari Iskandar (Universitas Bunda Mulia)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2020

Abstract

Hotel X memiliki citra merek yang baik dimana dengan meningkatnya tingkat hunian kamar yang baik disetiap periode. Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari indikator brand image Hotel X terhadap keputusan tamu untuk menginap.. Metode kuantitatif digunakan sebagai metode penelitian, dan analisis data yakni regresi linear sederhana. Dimana uji penelitian ini menggunakan SPSS. Sampel yang diambil sebanyak 135 responden menggunakan metode non probabilty sampling, dengan teknik purposive sampling.Hasil penelitian berdasarkan uji t dari variabel brand image diantaranya dimensi brand identity, brand association, dan brand benefit and competence hipotesis diterima, yang berarti ketiga dimensi tersebut memilik pengaruh terhadap variabel Y, sedangkan kedua dimensi lainnya yaitu brand personality dan brand attitude and behaviour dimana hipotesis ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil uji F,  variabel X diuji secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil uji R2, diperoleh nilai sebesar 64,6%, dimana sebesar 64,6% brand image berpengaruh terhadap keputusan menginap di Hotel Aston, dan sisanya yaitu 35,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar X.Kesimpulan yang bisa didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif dari brand image terhadap keputusan menginap sebesar 64,6% sedangkan 35,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Saran yang bisa diberikan adalah meningkatkan karakteristik dari service-nya, dan juga menjaga kamar agar sesuai dengan gambar yang ditampilkan, dari sisi brand attitude and behaviour dapat lebih memperhatikan fasilitas yang disediakan dalam kondisi normal, baik dalam bentuk makanan dan service diberikan secara profesional.Kata Kunci: Merk, Citra, Hotel, Keputusan Menginap.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

hospitality-pariwisata

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Hospitality dan Pariwisata diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari dan November. Jurnal ini ditujukan sebagai media bagi akademisi dan praktisi untuk menyumbangkan karya ilmiah dan pengalaman praktisnya yang dapat berguna bagi pengembangan ilmu ...