SOLUSI
Vol. 19 No. 2 (2021): April

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (E-Learning) dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bagi Mahasiswa S1 Akuntansi FE Universitas Semarang

sidiq, asah wiari (Unknown)
Nuswantoro, Muryanto Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2021

Abstract

Covid-19 mengakibatkan kebijakan Work From Home (WFH) termasuk dunia pendidikan. Penggunaan media pembelajaran (elearning) adalah proses belajar mengajar dengan menggunakan peralatan elektronika dengan cara menciptakan dan mengembangkan metode jarak jauh dengan tujuan pendistribusian materi untuk memudahkan dalam pembelajaran. Tujuan menggunakan media pembelajaran elektronik (E-Learning)   akan memberikan dampak dalam memotivasi belajar untuk berprestasi.  Analisis yang digunakan untuk menguji validitas, reliabilitas serta regresi berganda menggunakan SPSS dengan data primer yang berasal dari kuesioner mahasiswa S1 Akuntansi FE Universitas Semarang dengan sampel sebanyak 85 mahasiswa.  Penelitian ini menyatakan ada pengaruh yang positif dari media pembelajaran (elearning) terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai signifikan < 5%, motivasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar namun tidak signifikan. Sedangkan media pembelajaran (elearning) dan motivasi berpengaruh yang positif terhadap prestasi belajar dengan kontribusi nilai  68,3% dan 32,7% selebihnya dipengaruhi indikator lain yang tidak dimasukan didalam penelitian.  Kata kunci : Pembelajaran, media pembelajaran, motivasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

solusi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

SOLUSI scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business. Topics raised in journals are adapted to current themes that can help practitioners and academics develop their knowledge and ...