Tujuan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini yaitu mengoptimalkan kemampuan guru-guru SMP Negeri 7 Medan dalam penyusunan dan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), Subjek penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri 7 Medan dari berbagai mata pelajaran sebanyak 48 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa lembar observasi, wawancara, diskusi, studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penilaian melalui format penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 pada siklus ke II yang mencapai nilai 86.7 berada pada katagori sangat baik. Kompetensi guru SMP Negeri 7 Medan dalam menyusun, mengembangkan, menyempurnakan RPP kurikulum 2013 pada kegiatan orientasi atau sebelum mengikuti tindakan perbaikan pada siklus ke II sangat terbatas. Berbeda dengan setelah mengikuti tindakan perbaikan melalui dua siklus. Setelah mengikuti tindakan perbaikan pada siklus ke I terlihat ada peningkatan, dan lebih meningkat lagi setelah mengikuti tindakan perbaikan pada siklus ke II. RPP kurikulum 2013 yang mereka susun menjadi lebih lengkap dan sistematis. Aktivitas Guru SMP Negeri 7 Medan dalam menyusun, mengembangkan dan menyempurnakan silabus dan RPP selama worksop dari kegiatan awal pra siklus, siklus I dan siklus ke II ada peningkatan yang signifikan yaitu dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui pendampingan penyusunan, pengembangan dan penyempurnaan RPP kurikulum 2013 dapat meningkatkan kompetensi guru-guru SMP Negeri 7 Medan. Peneliti menyarankan agar motivasi yang sudah tertanam khususnya dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 hendaknya terus dipertahankan dan ditingkatkan/ dikembangkan. Kata kunci : Kompetensi Guru, Pendampingan, RPP Kurikulum 2013.
Copyrights © 2018