Coverage: Journal of Strategic Communication
Vol 11 No 1 (2020)

Pergeseran Model Bisnis Media dan Etika Media: Era Integrasi Informasi, Redaksi, Teknologi, dan Proses Jurnalistik

Alfito Deannova Ginting (Universitas Pancasila)
Anna Agustina (Universitas Pancasila)
Dwi Salfiani (Universitas Pancasila)
Fidel Muhamad Isra (Universitas Pancasila)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Teknologi dan implikasi penggunaan teknologi yang mengubah struktur vertikal menjadi horisontal membuat konsep jurnalisme menjadi problematik dalam banyak sisi. Model bisnis organisasi media yang dilihat dari konsep manajemen media dalam memproduksi berita dan etika jurnalistik adalah dua topik yang selalu menjadi diskusi. Artikel ini mendeskripsikan kedua topik tersebut berdasarkan rujukan konsep manajemen media massa dan elemen jurnalisme serta etika jurnalisme dalam UU Pokok Pers Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara informan dan analisis dokumen yang berkembang tentang kedua topik tersebut. Hasil analisis dari kedua data yang telah dirangkum menunjukkan bahwa model bisnis media yang ada saat ini bergeser dari yang hanya fokus pada pelaporan data menjadi informasi, meluas menjadi bisnis yang mengelola data dan informasi dari lini produksi, distribusi, transmisi, dan publikasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

coverage

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The manuscript was written for Coverage: Journal of Strategic Communication (Coverage) should be an original research paper either theoretically or empirically which sufficiently contributes novelty to communication studies. This journal provides immediate open access to its content on the principle ...