Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
Vol 5, No 1 (2020): PEKOBIS

HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN CRH DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

NOVITA SARI (Universitas Lampung)
TEDI RUSMAN (Universitas Lampung)
SUROTO SUROTO (Universitas Lampung)
YON RIZAL (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar dan interaksi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dan Make A Match. Adapun penggunaan kedua model tersebut juga diteliti dengan memperhatikan motivasi belajar siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperiment dengan desain treatment by level. Data dikumpulkan dengan cara observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan t-test Independen Dua Sampel dan Analisis Varian Dua Jalan (ANOVA). Penelitian ini dilakukaan di SMPN 2 Tulang Bawang Tengah yang memiliki populasi 6 (enam) kelas dengan sejumlah 188 siswa dan diambil sampel 2 (dua) kelas sebanyak 63 siswa yang di tentukkan melalui teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH dan Make A Match dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 33,687 > 3,14, model pembelajaran CRH lebih efektif daripada Make A Match pada siswa baik yang memiliki motivasi belajar tinggi (thitung > ttabel atau 2,943 > 2,109), sedang (Thitung > Ttabel atau 2,389 > 2,063) dan rendah (Thiting > Ttabel atau 4,525 > 2,119), serta terdapat interaksi antara model pembelajaran yang diterapkan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu yang ditunjukkan oleh Fhiting > Ftabel atau 4,316 > 3,16.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pekobis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal PEKOBIS (Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis) is focused in field education, economic and business. The scope of research studies published in PEKOBIS is the field of: EDUCATION (Teaching Material, Teaching Evaluation, Learning Media, Learning Method, Education Technology, Education, ...