RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 7, No 1 (2021)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN PADA PEMBELAJARAN ERA DISRUPSI INDUSTRI 4.0

Mentari Ritonga (Unknown)
Yulhendri Yulhendri (Universitas Negeri Padang)
Nora Susanti (STKIP PGRI Sumbar)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Era disrupsi teknologi tidak hanya berefek pada perubahan silkus bisnis, namun juga berdampak dunia pendidikan. Pendidikan tinggi dituntut untuk merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja serta memperhatikan karakteristik mahasiswa yang akrab dengan teknologi atau dikenal dengan generasi milenial. Proses pembejaran pada pendidikan tinggi pun diharapkan tidak hanya mengasah kemampuan mahasiswa secara akademis atau vokasional, namun juga harus mampu menghasilkan mahasiswa yang memiliki kecapakan di era 4.0 atau sering dikenal dengan kemampuan 4Cs. Peran dosen dalam mengahasilkan lulusan mahasiswa yang memiliki kecapakan di era 4.0 tentu tidak terlepas dari kompetensi yang harus dimiliki oleh dosen dalam menyelenggaran pembelajaran. Dosen di era 4.0 harus mampu menjadi seorang pendidik yang memiliki kemampuan mempelajari pola piker mahasiswa, memilliki literasi digital, serta mampu mengintegrasikan kegiatan kelas yang selama ini dilakukan dengan beberapa platform media pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen dalam melakukan pembelajaran di era 4.0. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode Analysis Factor Confirmatory dengan 200 responden dan dianalisis menggunakan Struktural Equation Model menggunakan PLS.. Hasil pengukuran faktor loading dari item-item yang digunakan sebagai pembentuk variabel kemampuan dosen menunjukkan angka di atas 0,5. Hal ini mengindikasikan bahwa menuurut mahasiswa osen Fakultas Ekonomi telah memiliki kompetensi yang baik dalam melaksanakan proses pembelajaran di era 4.0

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...