Sejarah desain industri merupakan mata kuliah yang diambil mahasiswa desain produk Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Esa Unggul, atau pun mahasiswa desain sejenis untuk mempelajari perkembangan produk per era (dengan kecirian fungsional dan estetika serta keterlibatan para tokoh dibaliknya) sebagai pengetahuan dasar dalam merancang produk. Sayangnya perkuliahan ini sering dilupakan mahasiswa saat menempuh semester selanjutnya. Hal ini berakibat bagi mereka ketika masuk dunia kerja baik sebagai alumni atau peserta magang yang kurang memahami proses kreatif dalam perancangan desain di dunia industri produk. Oleh karena itulah, penelitian ini diangkat agar dapat menemukan relevansi mata kuliah ini terhadap proses kreatif dunia industri produk, dan para peserta didik prodi Desain Produk ini maupun alumninya menjadi objek penelitian kali ini. Metode fenomenologi ini dilakukan dengan melibatkan objek penelitian sebagai partisipatori atau participatory action reseach (PAR). Tujuan penelitian ini untuk memberikan masukan berupa analisa relevansi mata kuliah sejarah desain industri terhadap proses kreatif dunia industri produk bagi pihak-pihak terkait.
Copyrights © 2020