Jurnal Sintaksis : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris
Vol 2 No 2 (2020): jurnal sintaksis

Pengaruh Model Pembelajaran Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Madrasah Aliyah Modern Darul Hikmah

Diah kesumawati (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Guided Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 32 siswa. Sampel penelitian dilakukan dengan total sampel. Nilai rata-rata post-test 79,66 dengan siswa yang mencapai nilai KKM ialah 25 siswa (78,1%) dan nilai standart deviasinya adalah 9,96, berdasarkan uraian di atas terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-test dengan nilai rata-rata post-test dari 64,22 menjadi 79,66, yang pada saat pre-test hanya 1 orang yang berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) tetapi pada saat Post-test ada 25 siswa yang mencapai nilai KKM (78,1%) dari total keseluruhan siswa dan begitu pula pada nilai standart deviasi, saat pre-test 8,43 menjadi 9,96 pada saat post-test.Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 10,96 sedangkan nilai ttabel = 1,69 sehingga thitung > ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Guided Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dikelas X Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Sintaksis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Sintaksis adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Al Maksum Langkat. Jurnal Sintaksis terdiri dari empat rumpun ilmu yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, dan Pendidikan Bahasa ...