Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2, No 2 (2021): Edisi Mei

PERANAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMASARKAN PRODUK UMKM INTERMODA BSD CITY DIMASA COVID-19

Juhaeri Juhaeri (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Danang Febianto (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Eka Yusti Diana (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Abdul Haris Pamungkas (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Evi Fauziah (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Sokhibi Sokhibi (Magister Manajemen Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
03 May 2021

Abstract

Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah untuk mengetahui seberapa besar penerapan Digital marketing dalam memasarkan produk UMKM  di masa era Covid-19. Adapun metode pengukuran dengan menggunakan tiga pendekatan diantaranya (1) Metode phenomenalogical research dimana metode kualitatif dapat di artikan sebagai metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme yang digunakan pada kondisi objek, dimana peneliti sebagai instumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan) hasil analisis bersifat induktif yaitu menekan makna dari generialisasi Creswell 2009 (dalam bukunya Sugiyono 2017:24), (2) Metode Grounded theory dari penelitian ini salah satu jenis metode kualitatif, dimana peneliti menarik generilisasi yang diamati secara induktif, (3) Metode Ethnography is qualitatif strategy menrurut (Crewell 2209) menyatakan  salah satu jenis penelitian kualitatif  peneliti melakukan  studi budaya kelompok melalui observasi wawancara Hasil dari observasi dan wawancara dan pelatihaan pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran para pelaku UMKM pasar modern internoda BSD city kota tangerang selatan untuk menggunakan digital marketing di tengah pandemi covid-19 dan mengetahui dampak Digital Marketing dalam dapat peningkatan omset penjualan bagi UMKM  pasar modern internoda BSD city kota tangerang selatan di tengah pandemi covid-19. Hasil dilakukan pendampingan terhadap Seminar dan pelatihan Peranan Digital Marketing dalam memasarkan Produk UMKM Intermoda BSD City Dimasa Covud-19 ini untuk meningkatkan Penjualan produk UMKM dimana saat ini sedang lesu lesunya , dikarenakan aturan protocol kesehatan covid yang melarang orang untuk berkumpul  sehingga mengakibatkan tradisional marketing yang saat ini berjalan menjadi tidak efektif sehingga pendapat UMKM menjadi menurun di Pasar Intermoda BSD City , Pengembangan  dan sosialisai Digital Marketing membawa dampak yang besar dalam sector penjualan saat ini , dimana mereka memulai untuk menggunakan digital market place seperti Shopee , tokopedia , Bukalapak , OLX , Blibi , facebook marketplace dan lain sebagainya , sebagai sarana untuk mendongkrak penjualan mereka , sehingga saat ini para UMKM masih bisa bertahan dengan mengandalkan 80 % dari Digital MarketingKatakunci : Manajemen, UMKM, Digital Marketing dan Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Fokus Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah berkaitan dengan hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Energi, Teknologi informasi dan komunikasi, Hukum dan kebijakan publik, Sosial humaniora dan seni budaya, Ekonomi, Peningkatan kesejahteraan masyarakat, ...