Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan rasa percaya diri belajar peserta didik kelas V SD Negeri 149 Lumbaja semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam Penelitian adalah guru kelas V dan peserta didik kelas V SDN 149 Lumbaja Kecamatan Baroko yang terdaftar dan aktif pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 32. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan empat kali pertemuan dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri atas 2 jenis yang diperuntukan untuk mengukur indikator capaian proses penggunaan strategi Peer Tutoring dan indikator capaian rasa percaya diri. Capaian proses menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase capaian proses belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 83,33% dan pertemuan kedua dengan persentase 88,88% mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan pertama dengan persentase 94,44% dan 100% untuk pertemuan kedua. Persentase capaian proses belajar siswa yang mengalami peningkatan di setiap siklus di ikuti peningkatan rasa percaya diri dengan persentase 65,00% pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II dengan capaiaan persentase 93,75 % di siklus II.
Copyrights © 2021