Buletin KKN Pendidikan
Vol. 3, No. 1, Juli 2021

Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan

Mahardhani, Ardhana Januar (Unknown)
Prayitno, Harun Joko (Unknown)
Huda, Miftakhul (Unknown)
Fauziati, Endang (Unknown)
Aisah, Nurul (Unknown)
Prasetiyo, Aditiya Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Membaca merupakan proses yang dilakukan untuk memperoleh pesan kemudian disampaikan dengan menggunakan kata-kata secara tertulis. Gerakan literasi membaca pada peserta didik merupakan suatu kegiatan yang dirancang agar siswa saat membaca tidak hanya mahir membaca. Akan tetapi, siswa juga dapat memahami isi bacaan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatakan kemampuan membaca siswa kelas I dan II dengan menggunakan media bergambar. Metode pelaksanaan kegiatan KKN pengabdian masyarakat ini dila-kukan melalui beberapa tahap, antara lainĀ  sebagai berikut (1) Menghubungi mitra kerja sama kepada kepala Desa Sendangagung untuk meminta izin melakukan kegiatan KKN, (2) Mendiskusikan program kerja yang telah disusun kelompok kami dan di kaitkan dengan permasalahan yang terjadi pada anak-anak di lingkungan Dukuh Jiwir, (3) mengumpulkan anak-anak di lingkungan Dukuh Jiwir Khususnya kelas I dan II, (4) mengukur kemampuan membaca anak, (5) melatih anak-anak untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode bergambar. Hasil pengabdian ini yaitu kemampuan membaca anak dengan berlatih menggunakan media bergambar lebih meningkat dari pada sebelumnya. Sebelumnya kesulitan membaca, tetapi dengan adanya media bergambar lebih membantu anak dalam meningkatkan kemampuan membaca.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...