Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemapuan multirepresentasi verbal dan gambar pada mahasiswa semester 1 dalam memahami konsep teknologi solar cell. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan instrumen berupa kuisioner pada 40 mahasiswa. Sumber data diperoleh dari kuisioner berbentuk pilihan ganda yang meliputi soal verbal dan gambar sebanyak 8 soal yang tervalidasi. Hasil jawaban dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa semester 1 dalam merepresentasikan konsep energi terbarukan dan teknologi solar cell dalam bentuk verbal dan gambar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan representasi verbal lebih rendah daripada representasi dalam bentuk gambar yaitu dengan persentase 18,75% untuk representasi verbal dan 32,5% untuk representasi gambar. Nilai persentase representasi verbal dan gambar mahasiswa belum mencapai 50%, hal ini dikarenakan mahasiswa semester 1 belum menempuh mata kuliah fisika lingkungan sehingga hanya mengingat materi tentang konsep teknologi solar cell yang telah diajarkan di SMA.
Copyrights © 2020