Ajaran Tri Hita Karana dalam pendidikan agama hindu merupakan upaya dalam mengembangkan ketiga aspek yaitu koknitif, Afektif, dan Psikomotor. Pola penerapan Tri Hita Karana dalam meningkatkan karakter siswa meliputi: penerapan ajaran Parahyangan yang pelaksanaannya yaitu melaksanakan sembahyang Tri Sandhya, melakukan doa awal belajar dan doa selesai belajar. Penerapan ajaran Pawongan dengan menumbuh kembangkan kesadaran siswa untuk menaati tata tertib sekolah, melaksanakan ajaran susila dan saling tolong-menolong dengsn sesamanya terutama dalam ajaran Tri Kaya Parisudha. Penerapan ajaran Palemahan yang pelaksanaannya yaitu siswa diajarkan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk Implementasi Ajaran Tri Hita Karana Dalam Pendidikan Agama Hindu Siswa SDN Petungsewu Dusun Codo desa Petungsewu Kecamatan wagir Kabupaten Malang, (2) Bagaimanakah dampak Implementasi Ajaran Tri Hita Karana Dalam Pendidikan Agama Hindu Siswa SDN Petungsewu Dusun Codo desa Petungsewu Kecamatan wagir Kabupaten Malang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar pendidikan agama Hindu yang diperoleh dari hasil pengukuran terhadap 27 siswa menunjukkan bahwa rata-rata siswa sudah mengerti ajaran agama yang dianutnya, siswa sudah dapat menghafal mantram Tri Sandhya, menghormati dan menghargai sesama serta dapat menjaga lingkungan sekitar.
Copyrights © 2020