Pendidikan merupakan komponen penting dalam membentuk potensi peserta didik yang dilakukan secara berkesinambungan terutama pada lingkup formal. Potensi yang diharapkan adalah agar peserta didik mempunyai nilai-nilai terhadap Pendidikan Kewarganegaraan, baik secara vertikal maupun horizontal, terutama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk mencapai tersebut, maka dibutuhkan wadah pengembangan peserta didik, yaitu salah satunya organisasi siswa (OSIS). Penelitian ini difokuskan pada upaya pengembangan organisasi siswa (OSIS) melalui Pendidikan Kewarganegaraan pada SMP Tut Wuri Handayani Kota Cimahi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan organisasi siswa (OSIS) melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam mengenai upaya pengembangan organisasi siswa (OSIS) melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Dari hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan organisasi siswa (OSIS) melalui Pendidikan Kewarganegaraan adalah meningkatkan nilai-nilai religius dengan mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Selain itu, adanya penerapan cinta tanah air dan mengedepankan nilai-nilai demokrasi.
Copyrights © 2020