At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Vol 5 No 2 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan

Meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah melalui strategi pembelajaran formulate share listen create (FSLC) pada materi teorema pythagoras di kelas VIII MTsN 1 langsa

Sri Kurniati (MTsN 1 Langsa)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika pada materi Teorema Pythagoras dengan Strategi Pembelajaran Formulate share Listen Create (FSLC). Subyek penelitian ini adalah kelas VIII-3 MTsN 1 Langsa dengan jumlah 34 siswa terdiri dari siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen data tentang kondisi awal siswa diambil dari nilai tes semester I. Tes yang diberikan bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif pada siklus I rata-rata nilai sebesar 59,70 dengan ketuntasan belajar klasikal 38,23%, rata-rata nilai siklus II sebesar 75,14 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,35%. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, dengan penerapan Strategi pemnelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) dalam proses pembelajaran pada materi Teorema Pythagoras dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-3 MTsN 1 Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal At-Tarbawi adalah jurnal hasil penelitian tentang pendidikan,sosial dan kebudayaan. Yang diterbitkan dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan ...