Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh kecerdasan linguistik verbal, dimana kecerdasan linguistik verbal ini penting diperkenalkan kepada anak dalam kegiatan bercerita. Dimana dengan penggunaan boneka tangan diharapkan kemampuan anak dalam berbahasa menjadi lebih baik dan bermakna dengan kegiatan yang dilakukannya. Subjek penelitian adalah peserta didik kelompok B-5 Tahun Pelajaran 2018-2019 yang berjumlah 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Masing–masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian pada hasil belajar kelompok B TK Kartika XIV-5pada awal siklus I yang mendapatkan nilai baik sebesar 5 %. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh hasil sebesar 10 %. Kemudian kegiatan pembelajaran menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan ini guru memberikan motivasi, kesempatan untuk bertanya dan memberikan hadiah bagi anak yang berprestasi dalam melakukan kegiatan baik di dalam maupun diluar kelas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan linguistik verbal anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan yang dilakukan pada siklus I, II dan siklus III pada Kelompok B TK Kartika XIV-5. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan maka disimpulkan bahwa kecerdasan linguistik verbal bagi anak usia dini Kelompok B TK Kartika XIV-5Tahun Ajaran 2018-2019 dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan boneka tangan.
Copyrights © 2018