Kemampuan menggali informasi penting dalam teks narasi sejarah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik tingkat sekolah dasar pada materi Bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis hasil pretest peserta didik kelas VI tentang kemampuan peserta didik dalam menggali informasi penting pada teks narasi sejarah di SDN 1 Dopang diperoleh bahwa peserta didik masih kesulitan dalam mengelompokkan informasi menggunakan aspek: apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, serta bagaimana. Dengan pembelajaran dimasa pandemi covid-19 yang mengharuskan pembelajaran secara daring, pendidik berupaya menggunakan video pembelajaran sebagai media dalam membelajarkan kemampuan menggali informasi penting pada teks narasi sejarah yang termasuk dalam kompetensi dasar bahasa Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggali informasi penting pada teks narasi sejarah berbantuan video pembelajaran di kelas VI (enam) SDN 1 Dopang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diketahui rata-rata nilai kemampuan peserta didik dalam menggali informasi penting pada teks narasi sejarah adalah 59,38 dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan menjadi 82,50 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VI SDN 1 Dopang dalam menggali informasi penting pada teks narasi sejarah.
Copyrights © 2020