Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif
Vol 6 No 1 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS KREATIF

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN TOKOPEDIA MENGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN (Studi Konsumen Generasi Y dan Z Pada Masa Pandemi COVID-19)

Meria Christina Noviolita (Unknown)
Puji Isyanto (Unknown)
Asep Darojatul Romli (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2020

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui perbedaan antara dua kategori konsumen dalam melakukan pembelian impulsif di Tokopedia; (2) mencari faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi dua kategori tersebut; (3) memperoleh model diskriminan dua faktor yang terbentuk; (4) mengetahui ketepatan hasil mengklasifikasi kasus dari model diskriminan tersebut. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk penelitian berikutnya, serta menambah wawasan baru bagi program studi manajemen pemasaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif asosiatif hubungan kausal dengan metode analisis diskriminan, serta mempelajari literatur yang berkaitan dengan topik penelitian, dan penyebaran angket sebagai data primer. Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh dua variabel yang layak dianalisis, yaitu jenis kelamin dan pendapatan konsumen. Model diskriminan dua faktor yang terbentuk adalah Zscore = -13,737 + 1,911 (jenis_kelamin) + 0,875 (pendapatan). Pengujian validasi diperoleh angka ketepatan yaitu 59%, maka fungsi diskriminan tersebut dapat digunakan untuk memprediksi kasus kategori konsumen Tokopedia. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Faktor Pengaruh, Pembelian Impulsif. Absract The purpose of this study was to (1) find out the differences between the two categories of consumers making impulsive purchases on Tokopedia; (2) looking for the factors that affect the two categories; (3) obtain a two-factor discriminant model that is formed; (4) knowing the accuracy of the results of classifying cases from the discriminant model. The benefits of this research are expected to be the basis for further research, as well as add new insights to the marketing management study program. The research was conducted using the descriptive associative causal relationship with the discriminant analysis method, as well as studying the literature related to the research topic, and distributing questionnaires as primary data. Based on the results of the analysis, there are two variables that are worth analyzing, namely gender and consumer income. The two-factor discriminant model that is formed is Z score = -13,737 + 1,911 (gender) + 0.875 (income). In the validation test obtained the accuracy number is 59%, then the discriminant function can be used to predict cases of the Tokopedia consumer category. Keywords : Consumer Behaviour, Influence Factor, Impulsive Buying

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif Dikelola oleh program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang. Ruang lingkup jurnal adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan bisnis ...