Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha
Vol 7, No 3 (2020)

Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Konsentrasi dan Minat Belajar Biologi Siswa SMA

Marhaeni, Luh Putu (Unknown)
Adnyana, Putu Budi (Unknown)
Widiyanti, Ni Luh Putu Manik (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) hubungan penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar biologi siswa SMA, (b) hubungan penggunaan smartphone dengan minat belajar biologi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penggunaan smartphone untuk mengetahui durasi penggunaan smartphone dalam sehari. Kuesioner konsentrasi belajar biologi untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar biologi siswa. Kuesioner minat belajar biologi siswa untuk mengetahui minat belajar biologi siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Pearson (Product Moment) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kategori sedang antara penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar biologi siswa dengan nilai r= -0,577 (p<0,05) dan antara penggunaan smartphone dengan minat belajar biologi juga terdapat hubungan yang signifikan kategori sedang dengan nilai r= -0,487 (p<0,05). Simpulannya adalah terdapat hubungan yang bermakna antara penggunaan smartphone dengan konsentrasi dan minat belajar biologi siswa SMA Negeri 4 Singaraja.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJPB

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Pendidikan Biologi adalah adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran. Pada akhirnya Jurnal ini ...