Abstrak Pada pembelajaran sejarah lokal tentu sangat berperan sebagai alat dalam mengembangkan nilai-nilai multikultural. Situs sejarah Kesultanan Ternate tentu memiliki sarat akan makna/ nilai-nilai multikultural yang tekandung di dalamnya. Olehnya itu, telah dimanfaatkan oleh SMA Negeri 5 Kota Ternate. Fakta tersebut setidaknya menjadi magnet (menarik) bagi penulis sehingga melakukan penelitian mengenai pemanfaatan situs Kesultanan Ternate dalam pembelajaran sejarah lokal berbasis multikultural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni, kualitatif deskriptif naturalistik dengan tehnik pengumpulan data yaitu, tahapan observasi (pengamatan) inteview (wawancara), dokumentasi dan gabungan ketiganya. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah diperoleh, pembelajaran sejarah lokal berbasis multikultural dengan memanfaatkan situs sejarah Kesultanan Ternate, telah memberikan dampak positif bagi pengetahuan, kreatifitas dan sikap siswa. Selain dari pengetahuan dan pemahaman terhadap aspek historis Kesultanan Ternate, kondisi masyarakat dan situs-situs peninggalan sejarah Kesultanan Ternate secara kritis, siswa juga dapat menerapkan sikap yang menjunjung nilai-nilai multikulturalisme sesuai dengan materi sejarah Kesultanan Ternate. Seperti sikap toleransi, tolong-menolong, menghargai pendapat orang lain dan berprasangka baik antar sesama tanpa melihat perbedaan etnis, suku, ras dan agama.
Copyrights © 2020