Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan Software evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Media Pembelajaran Ekonomi. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Kimia Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jomgbang 2019/2020. Angket yang digunakan sebagai instrument dalam penelitian di validasi oleh dua orang validator yang ahli dibidang evaluasi pembelajaran. Hasil analisis data yang diperoleh dari pre-test dan post-test menunjukkan terjadi peningkatan pada konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Media Pembelajaran Ekonomi sebesar 0,45, dengan interpretasi peningkatan sedang. Dari lima indikator konsentrasi belajar, indikator ketelitian mengalami peningkatan tertinggi yaitu sebesar 0,53 dan indikator pemahaman mengalami peningkatan paling rendah yaitu 0,36. Berdasarkan wawancara mendalam terhadap mahasiswa yang digunakan sebagai sampling, ketelitian meningkat akibat adanya batasan waktu dan ketakutan mahasiswa terhadap respon jawaban yang diinput mahasiswa pada quizizz. Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan Software Quizizz membantu meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Penggunaan Quizizz dapat dilakukan oleh dosen pengampu matakuliah lain, guru dan mahasiswa yang akan melaksanakan Real Teaching untuk mendukung revolusi industri 4.0.
Copyrights © 2020