Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program penguatan pendidikan karakter ditinjau dari contexs, input, process, dan product di SMK Negeri 1 Amlapura. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan deskritif kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru, pegawai dan siswa SMK Negeri 1 Amlapura. Sampel ditentukan dengan teknik purposisive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar kuesioner, observasi dan wawancara kemudian dianalisis secara deskritif dengan menggunakan analisis kuadran Glickman. Untuk menentukan efektifitas program, skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor lalu ke Skor-T, kemudian dikonversikan ke dalam prototype Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, program penguatan pendidikan karakter ditinjau dari aspek latar atau contexs dalam katagori positif (+). Kedua ditinjau dari aspek masukan atau input juga dalam katagori positif (+), Ketiga, ditinjau dari aspek proses pelaksanaan program penguatan pendkan karakter berapa pada katagori positif (+), Keempat, ditinjau dari aspek luaran atau produk juga masuk dalam katagori positif (+). Jadi Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Negeri Amlapura tergolong sangat efektif dilihat dari variabel CIPP berada pada kuadran I : positif-positif-positif-positif (+ + ++).Kata kunci : Efektivitas; Evaluasi; Pendidikan Karakter; Penguatan
Copyrights © 2020