Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi penggunaan sumber belajar, (2) pengembangan bahan ajar hand-out berbasis kebencanaan, (3) efektifitas penerapan bahan ajar hand-out berbasis kebencanaan terhadap kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ASSURE (Analyze Leaner, State Objective, Select Methods, Utilize Media, Require learner’s participant, Evaluate and revise). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas dengan total siswa yaitu 159. Sampel dipilih dengan menggunak teknik random sampling. Setelah dilakukan pengacakan terpilih siswa kelas VII A sebanya 32 orang sebagai kelas eksperimen dan 32 orang siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Kebutuhan siswa terhadap pengembangan handout pada pokok bahasan kebencanaan pada siswa kelas VII yaitu handout kebencanaan yang mampu mengatasi masalah yang terjadi pada proses pembelajaran. (2) Kualitas hasil pengembangan bahan ajar menurut review ahli dan siswa yaitu: (a) ahli isi pembelajaran 74% berada pada kategori baik; (b) ahli desain pembelajaran 80% berada pada kategori baik; (c) ahli bahasa pembelajaran 70% berada pada kategori baik; (3) Efektivitas hasil pengembangan bahan ajar kebencanaan terhadap siswa menunjukkan signifikansi yang diperoleh t-hitung sebesar 78,61> t-tabel sebesar 1,99 pada signifikansi. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan handout kebencanaan terhadap kesigapan menghadapi bencana pada siswa.Kata kunci: Bahan Ajar Kebencanaan; Kesiapsiagaan Bencana; Model ASSURE
Copyrights © 2020