Journal of Classroom Action Research
Vol. 2 No. 2 (2020)

Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Menerapkan Prosedur Teknik Pengefreisan Balok Segiempat di SMK Negeri 1 Selong untuk Peningkatan Hasil Belajar Kelas IX

Agus Wibowo (SMK Negeri 1 Selong. Jln. Pejanggik No. 74, Rakam, Selong, Lombok Timur)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah dimplementasikan pada penelitian tindakan kelas pada kelas XI SMK Negeri 1 Selong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan menggunakan dua siklus dengan sampel peserta didik sebanyak 25 orang. Data hasil belajar dikumpulkan untuk setiap siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian dengan cara tes, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,50. Pada siklus II nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 78,50. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi menerapkan prosedur teknik pengefreisan balok segiempat efektif diimplementasikan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...