Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan minat karir terhadap efektifitas bimbingan karir pada siswa vokasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII sejumlah 180 orang. Penelitian kali ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan instrumen yang digunakan terbagi menjadi tiga skala yaitu skala bimbingan karir, efikasi diri, dan minat karir. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan minat karir terhadap bimbingan karir dengan nilai R sebesar 0,691. Sumbangan efektif variabel  efikasi diri  minat karir terhadap efektifitas bimbingan karir sebesar 47,8% dengan koefisien determinan (R Square) sebesar 0,478. Sedangkan secara simultan diperoleh efikasi diri memberikan sumbangan terhadap bimbingan karir sebesar 47,6% dan minat karir memberikan sumbangan sebesar 0,15%. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dan minat karir terhadap efektifitas bimbingan karir pada siswa vokasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020